Cara Akses File Sharing Dari Windows 7

November 11, 2013


Beberapa kali menggunakan windows 7 ultimate edition tapi baru tau ternyata untuk mengakses file sharing di windows tersebut tidaklah semudah yang biasa saya lakukan di windows xp. Jika di windows xp biasanya saya mengetikkan alamat ip komputer dengan didahului dua kali tanda backslash pada adress bar windows explorer, contohnya seperti ini: \\192.168.1.10\folder_sharing 

Ternyata hal tersebut sudah tidak bisa dilakukan lagi di windows 7 ultimate edition (tapi masih bisa dilakukan pada windows 7 home edition), dikarenakan adanya perubahan default protokol keamanan jaringan pada windows 7 ultimate edition menjadi NTMLv2, sedangkan yang sebelumnya pada windows xp menggunakan NTMLv1. 
Untuk mengatasi masalah tersebut kita perlu melakukan sedikit perubahan pengaturan pada Local Security Policy windows 7 ultimate edition.


Caranya sebagai berikut:
  1. Masuk ke Local Security Policydengan cara mengetikkan "secpol.msc" (tanpa tanda petik) pada addres bar windows explorer.
  2. Pada bagian sebelah kirinya klik Local Policies lalu klik lagi pada Security Setting, sehingga pada bagian sebelah kanan akan muncul berbagai macam pengaturan policy yang ada
  3. Pada bagian sebelah kanan cariNetwork Security: LAN Manager Authentication Level, klik dua kali maka akan muncul jendela baru, lalu
  4. Pilih Send LM & NTLM - Use NTLMv2 session security if negotiated, kemudian klik ok
  5. Selanjutnya cari Network acces: Let Everyone Permissions Apply to Anonymous Users. Kemudian ubah keterangannya menjadi Enable.
  6. Berikutnya cari Network acces: Restrict Anonymous Acces to Named Pipes and Shares.Kemudian ubah keterangannya menjadi Disable.
  7. Terakhir lakukan Restart pada komputer anda.
Demikian, Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »